7.2.10

Zaha Hadid


Zaha Hadid - Pertama wanita Pritzker


Dua puluh tahun setelah mencapai kemerdekaan pada tahun 1932, Irak menemukan cadangan minyak besar-besaran pada awal tahun 1950-an. Sebelum nasionalisasi mereka pada tahun 1972, ladang-ladang minyak milik pribadi oleh perusahaan-perusahaan internasional. Melihat peluang luar biasa dalam cadangan minyak Irak, Amerika Serikat dan negara-negara barat lainnya menjadi tertarik dalam mengambil kendali atas cadangan minyak ini. Bagi Irak itu menjadi episode tragis dalam sejarah politik dan selama hampir 24 tahun itu berjuang untuk mencapai kebebasan ekonomi lengkap.


Irak cukup melihat kerusuhan politik pada hari-hari. Di Irak utara Hadid hiduplah sebuah keluarga. Mohammad Hadid adalah seorang politikus dan ekonom. Ia memperoleh gelar sarjana dalam ekonomi dari London pada awal 1950-an dan kemudian menjadi tokoh politik terkemuka dan seorang pengusaha. Menikah dengan Wajeeha Sabonji, Mohammad Hadid dikaruniai dua putra dan seorang putri.


Putri itu Zaha Hadid. Zaha dilahirkan pada 31 Oktober 1950 di Baghdad, ibukota Irak. Dia belajar di Baghdad dan ayahnya memainkan peran penting dalam pengembangan kreatif. Menjadi seorang politikus dan seorang patriot besar, Mr Hadid selalu membagi pandangannya dengan putrinya tentang masa depan negara. Progresif Nya pandangan tentang industrialisasi Irak, masalah perumahan, dan nasionalisasi produksi minyak dipengaruhi Zaha dalam pandangan dunia. Pengalaman masa kecil Zaha mendorong kepercayaan komunikasi terbuka antara berbagai kelompok orang, bersama dengan keyakinan yang kuat di Irak kemerdekaan.


Dibesarkan dalam liberal dan berpikiran terbuka keluarga, Zaha mampu mengeksplorasi cara-cara baru dalam melakukan sesuatu. Terlepas dari isu-isu politik ayahnya terpapar ke banyak budaya yang berbeda sementara selalu menekankan pentingnya warisan-nya, terutama melalui arsitektur. Juga teman keluarga pada waktu itu adalah merancang sebuah rumah untuk Zaha bibi dan akan membawa dan menunjukkan model oleh Zaha.

Ini mungkin alasan bahwa ia menjadi tertarik dalam arsitektur ketika ia hanya sebelas. Ayah dan ibunya lebih didorong minatnya dengan membawanya ke pameran arsitektur.


Dia melakukan pendidikan dasar dari Baghdad dan ketika ia berusia 16 tahun, ia dikirim ke Swiss selama satu tahun untuk menyelesaikan 'A' level. Dia menyelesaikan tahun kedua dari London. Zaha's dasar pendidikan di Inggris dan Swiss terekspos ke berbagai kebudayaan. Ini juga merupakan indikasi pertama marjinalitas dalam hidupnya. Dia merasa menjauhkan dari warisan Islam di sekolah karena gaya pendidikan Kristen.


Pada tahun 1968 dia datang kembali ke benua dan belajar di Lebanon dan menghadiri American University of Beirut. Pada tahun 1971 ia menyelesaikan B. Sc dalam Matematika dari Beirut. Pesona masa kecilnya untuk menjadi seorang arsitek masih menonjol dan titik balik utama datang ketika ia bergabung dengan AA Sekolah Arsitektur, London.


The Architectural Association School of Architecture di London menghasilkan beberapa desainer paling inovatif dalam profesi. Sekolah mengaku menyediakan jenis yang berbeda pendidikan arsitektur ditunjukkan melalui gaya baru pedagogi inovatif dan penekanan pada program-program sosial, bahan dan struktur. Set-up dari sekolah termasuk kelompok berputar guru dari anggota Asosiasi yang mengembangkan hubungan dekat dengan murid.


Para siswa didorong untuk mengembangkan rencana pendidikan mereka sendiri oleh struktur lepas sekolah. Siswa yang tersisa pada mereka sendiri untuk merancang proyek-proyek dan belajar untuk mencari keahlian dari guru-guru mereka yang biasanya arsitek ternama dunia, sebuah sistem pendidikan yang ditemukan jarang par excellence di setiap negara Asia.


Ini adalah lingkungan di mana gaya arsitektur Zaha mulai berkembang 1972-1977 ketika dia berada di Architectural Association. Oscar Niemeyer arsitek legendaris dari Amerika Selatan dan pemenang hadiah Pritzker adalah perannya model. Niemeyer's desain menunjukkan keberaniannya. Dia telah merancang kota Brasilia dan banyak bangunan lain dengan bentuk yang visioner berani arsitek lain tidak mau mengambil risiko. Zaha's berani sifat mengagumi kualitas ini.


Setelah menyelesaikan arsitektur ia bergabung dengan gurunya Rem Koolhaas di perusahaannya yang disebut "Office of Modern Architecture". Koolhaas, seorang arsitek terkenal, lahir pada tahun 1944 dan telah memenangkan banyak penghargaan saat melakukan praktek arsitektur nya.


Beberapa tahun kemudian ia memegang bergengsi posting pada suatu waktu atau lain di universitas-universitas terbaik dunia termasuk Harvard, Yale, dan banyak lainnya. Pada tahun 1982, The Peak Club dari Hong Kong mengumumkan kompetisi internasional untuk gedung baru mereka yang menjadi multi-level klub olahraga. Zaha Hadid berpartisipasi. Walaupun juri tidak mempertimbangkan desain radikal dan dibuang itu, satu hakim yang datang terlambat menariknya gambar presentasi dari skema ditolak. Terpesona oleh Zaha Hadid gambar yang dibuat, terutama lukisan yang bertuliskan "The Peak" ia meminta anggota juri untuk mempertimbangkan kembali itu. Pada bujukan juri membahas rancangan dan ia diumumkan sebagai pemenang.


Untuk Zaha itu adalah terobosan besar. Sayangnya desain tidak pernah dieksekusi karena alasan logistik dengan kembalinya Hong Kong ke Cina. Namun kompetisi yang disediakan Zaha banyak pujian di dunia arsitektur dan segera ia membuka kantor di Timur London dan memulai praktek arsitektur.


Dia kemudian terlibat selama beberapa tahun di proyek-proyek kecil dan pameran desain. Tiga tahun kemudian, terobosan berikutnya datang pada 1986 ketika dia memenangkan kompetisi untuk pembangunan perumahan di Berlin. Dia memenangkan satu kompetisi arsitektur lebih bergengsi untuk Seni dan Media Centre di Düsseldorf pada tahun 1989.


Mengejutkan semua kompetisi ini tetap di atas kertas dan tak satu pun dari mereka dibangun. Berlabel ini Zaha Hadid sebagai arsitek kertas, menyindir bahwa desain tidak dapat dilaksanakan. Komentar bahwa ia adalah baik bagi para akademisi dan praktik tidak bisa menjadi gosip umum. Meskipun tidak ada prestasi besar karyanya seni menjadi populer di museum-museum dan pada tahun 1990 karya-karyanya yang ditampilkan di hampir setiap arsitektur pameran dan museum seni.


Memenangkan kompetisi membuatnya arsitek yang dihormati, dan memang demikian, karena ia telah memenangkan lebih dari 20 kompetisi saat itu. Juga penting untuk dicatat bahwa London tidak pernah memberikan komisi dan orang-orang ini disebut kota besar tetap bermusuhan.


Itu Jerman yang memberinya proyek untuk Vitra Fire Station yang menjadi kebutuhan yang mendesak akibat kebakaran yang menyebabkan kerugian besar beberapa waktu lalu. Bangunan itu dimaksudkan untuk melayani semua Vitra bangunan yang pada saat jatuh di luar rentang api tetangga kabupaten. Hadid bekerja untuk membangun pertamanya sebagai arsitek dan menyelesaikannya pada tahun 1993. Itu langsung diakui sebagai salah satu bangunan seminalis akhir abad ke-20 arsitektur. Nya keyakinan yang kuat akhirnya di lokasi. Tapi ia seorang wanita.


Times Magazine (edisi 16 Mei 1993) menulis: "Minggu lalu, 42 tahun Irak dengan marah vulkanik akhirnya dibaptis gedung pertama, stasiun pemadam kebakaran yang mengejutkan di Weil am Rhein, Jerman." Diterbitkan dan memberikan kontribusi yang sangat laki-laki mungkin memiliki terlalu marah, namun mereka tidak digambarkan sebagai memiliki 'vulkanik marah' juga adalah media vulgar ketika prestasi mereka diumumkan.


Media menggambarkan ini sangat berbakat dan sangat gigih dan perempuan yang kuat untuk Zaha berbeda tapi itu bukan masalah dan dia menjadi lebih kuat daripada sebelumnya. Dia mulai mendapatkan komisi dari masyarakat Arab yang selalu menghargai karena dia berasal.


Berikutnya tiba giliran besar dalam hidupnya ketika ia kembali memenangkan kompetisi untuk Cardiff Bay Opera House. Bangunan itu harus dibuat di London. Bagaimana mungkin seorang wanita Asia memenangkan kompetisi ini? Hasilnya; masukan itu dievaluasi kembali setelah kemarahan pada gagasan itu benar-benar membangun. Akhirnya proyek ini ditolak oleh Komisi Milenium. Dukungan Inggris output kreatif sampai titik produksi, maka dukungan ambruk karena industri atau tidak financers kembali lebih lanjut. Sebagai contoh, butuh 200 tahun untuk meyakinkan Inggris bahwa Euro Terowongan itu mungkin.


Cardiff adalah menjadi karya nya dan untuk rakyat Wales, itu adalah fokus kebanggaan budaya kontemporer. Proyek ini tetap di atas kertas dan tidak pernah dibangun. Pada tahun 2004 arsitek lain dipekerjakan dengan desain kontemporer untuk membangun 103 million pound Opera House.


The Contemporary Arts Center, didirikan pada tahun 1939 menyelenggarakan kompetisi untuk bangunan baru di Cincinnati. Lagi pemenang Zaha Hadid. Yayasan menerima desain dan menyuruhnya untuk terus maju. Ini adalah kesempatan terbesar berikutnya untuk Zaha setelah Fire Station di Jerman. Amerika Serikat selalu terbuka untuk menerima tantangan baru dan karena publikasi Amerika menulis tentang prestasi baru yang lebih daripada negara lain, ini bisa mengubah nasibnya.


Dan itulah yang terjadi. Setelah penyelesaian proyek itu bernama 'American Beauty' oleh orang-orang Amerika. Zaha menjadi selebriti arsitek dan tahun 2000 ia menjadi arsitek paling favorit mahasiswa dan arsitek wanita. Untuk Zaha kisah unbuilt terbesar karya pada akhir abad kedua puluh berakhir; ia menjadi salah satu arsitek paling sibuk. Dari tahun 1994 hingga 2003 ia membuat beberapa struktur spektakuler termasuk Car Park Terminus di Perancis, BMW di Jerman Central Building, Guggenheim Museum di Taiwan, National Centre of Contemporary Arts di Italia dan banyak lagi. Bangunan nya sekarang muncul di seluruh dunia, dari Eropa ke Amerika Serikat, di Cina dan Jepang; everywahere kecuali di Inggris dimana dia tinggal.


Pada tahun 2004 bulan Maret ia dipilih untuk Penghargaan Pritzker oleh juri. Pada tanggal 31 Mei 2004 ia dianugerahi dengan penghargaan paling bergengsi di The State Hermitage Museum of St Petersburg, Rusia. Dia adalah wanita pertama penerima beasiswa sejak Hyatt Foundation mulai itu dan ini adalah penghargaan ke-26 berturut-turut. Dia juga termuda arsitek untuk menerima penghargaan ini, pada usia 54.


Karier arsitektur Zaha Hadid belum tradisional atau mudah. Ia memasuki lapangan dengan kredensial termasyhur. Sangat dikagumi oleh generasi muda arsitek, penampilannya di kampus-kampus selalu menjadi alasan untuk kegembiraan dan meluap khalayak.


Dia jalan menuju pengakuan seluruh dunia telah menjadi perjuangan heroik saat ia tanpa dapat ditawar lagi naik ke peringkat tertinggi dari profesi. Setiap proyek baru yang lebih berani daripada yang terakhir dan sumber-sumber orisinalitas-nya tampaknya tak ada habisnya.


Zaha Hadid telah menjadi lebih dan lebih diakui sebagai dia terus untuk memenangkan persaingan setelah kompetisi, selalu berjuang untuk mendapatkan nya sangat asli entri memenangkan dibangun. Berkecil hati, tetapi tidak gentar, ia telah menggunakan pengalaman kompetisi sebagai "laboratorium" untuk terus mengasah bakat luar biasa dalam menciptakan idiom arsitektural tidak seperti yang lain. Zaha Hadid's moment telah tiba.

terjemahan : Chandra Bhushan, Arsitek, CBS website

Tidak ada komentar: