20.3.11

Studi bentuk dengan eksplorasi maket


studi bentuk dengan Eksplorasi maket

untuk medapatkan gagasan sebuah desain, ada berbagai macam cara. Dan tiap-tiap arsitek menggunakan cara tersendiri, ada yang melalui sketsa, ada yang melalui potongan progam ruang yang disusun, ada yang melalui modeling 3d, dan lain sebagainya. Dari eksplorasi tersebut menghasilkan karya desain yang berbeda.

Kali ini archiguna sedikit menyinggung tentang studi bentuk melalui eksplorasi maket. Penggunaan eksplorasi maket dimaksudkan agar mendapatkan view dari sudut manapun dalam waktu yang singkat bila dibandingkan dengan modeling 3d. eksplorasi maket akan menghasilkan beberapa alternative desain sehingga arsitek bisa memilah karya mana yang berkulitas untuk bisa dibangun. Eksplorasi maket memungkinkan untuk menghasilkan bangunan lebih innovative, atraktif, dan original

Dalam pengamatan sebagian yang diketahui, perkembangan penggunaan maket di Indonesia hanya sebatas penunjang teknik presentasi, bukan sebaga eksplorasi maket untuk mendapatkan karya desain. Walaupun demikian sudah ada beberapa arsitek yang menggunakan eksplorasi maket.

Belum maraknya penggunaan eksplorasi maket di Indonesia mungkin disebabkan banyak faktor. Baik Indonesia yang berada dikawasan tropis yang tidak cocok dengan eksplorasi maket ataupun arsitek kita tidak mau terbawa arus ke barat-baratan, biar pembaca menganalisa sendiri….

Apakah suatu saat eksplorasi maket akan booming di Indonesia ?

Waktu yang akan menjawab…..



form study with mockup Explorations
for assuming a design idea, there are many different ways. And each architect uses its own way, there is a through sketches, there is a through composed piece of space program, there is a through 3d modeling, etc. From exploration to produce works of different designs.
This time archiguna mention of the study of form through the model exploration. The use of model explorations are intended to get the view from any angle in a short time when compared with 3d modeling. Model exploration will generate several alternative designs so that an architect can pick which one of very works to be constructed. Exploration of models makes it possible to produce building more innovative, attractive, and original
In most of the known observations, the development of the use of models in Indonesia was limited to supporting presentation techniques, not as an model exploration for design work. Nevertheless there are some architects who use the model exploration.
Not the rampant use of mockup exploration in Indonesia may be caused by many factors. Indonesia which is a tropical region that does not fit with the exploration mockups or architect of indonesian do not want to be like the west, let the reader analyze his own ....
Is it possible model exploration will be booming in Indonesia?
Let Time will tell ... ..



Disini ada beberapa eksplorasi maket frank o gehry

Here are some mockup explorations of frank O Gehry

klik : http://www.foga.com/















Tidak ada komentar: